Surprises

Mazmur 139:16 (TB)  mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.

Tuhan kita tu Tuhan yang sangat kreatif. Dia bisa bikin keadaan paling gak mungkin jadi mungkin. Of course karena Dia Tuhan man, Dia yang berkuasa atas segalanya.
Kalo dirunut dari semester kedua di tahun 2015 ini, udah gak keitung lagi berapa surprise yang Tuhan kasih buat hidupku. Mulai dari SBMPTN, aku gentar maksimal saat ngehadapin SBM, aku gamau gagal untuk yang kedua kali, tapi Tuhan jawab doaku yang gamau gagal lagi dengan kasih aku kejutan saat aku buka pengumuman SM UNS, ternyata Tuhan udah nyiapin tempay buatku di UNS ini, sampe sekarang pun aku masih nggak nyangka bisa kuliah, bahkan kulih di negri. Itu baru yang pertama, masih ada banyak kejutan lain yang Tuhan sediain di hidupku stengah taun belakangan ini.

Skip sampe minggu2 terakhir ini. Minggu2 terakhir ini beneran hectic super.. mulai dari UAS yang tugasnya seabreg, kewajiban dari 2 kepanitiaan sekaligus, ini kepala udah nyampe mumet banget. Super hectic pokoknya. Sampe emosi ini naik turun banget. Udah gak mood kalo di kampus, mending diem ato sambat kono sambat kene.. yaampunn.. padahal itu semua karena keputusanku sendiri. Padahal aku ngerasa kalo aku bakalan sanggup, tapi ternyata aku gak sanggup. Aku capek, pulang kalo belom gelap belom pulang. Masih mesti mikir lagi di rumah, mikir ini itu. Pokoknya capek maksimal. Puncaknya kemarin senin. Rasanya semua bertumpuk, dada sampe nyesek, darah kekumpul semua di ubun2. Udah mau rasanya minggu ini berakhir saja. Dan aku nyampe mikir kalo temen2 yang cuma mikirin kuliah tu enak bangeett tapi kok mereka dapet tugas lagi ngeluh, bilang ribetlah ini lah itu lah.. lha aku piyee caahh? Itu yang kupikirin kemarin.

Tapi tadi pagi waktu SaTe aku baca tentang penyalibannya Tuhan Yesus. Di situ aku nangis. Aku minta ampun sama Tuhan karena aku sombong, ngerasa bisa lakuin ini sendiri padahal Tuhan Yesus disalib itu bukan berhenti sampai kita selamat dari maut, tapi justru DarahNya yang kudus itu udah menyelesaikan segala perkara kita di dunia ini. Mulai dari sakit penyakit, ketakutan2 kita, keragu2an kita, kesedihan kita, semuanya udah Tuhan Yesus tanggung di atas kayu salib.

Dari ayat yang kucantumin di atas, Tuhan tu ngerti banget soal hidup kita, bahkan Tuhan uda menuliskannya buat kita. So, yang perlu kita lakuin adalah percaya. PERCAYA AJA! Akan ada banyak hal yang kamu kira mustahil tapi Tuhan udah tau cara penyelesaiannya, kalo masalahmu gak selesai2, mungkin kamu masih pake kekuatanmu sendiri. Tapi ketika kita mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah kita, kita bakal jalan dengan tenang karena kita tahu hidup kita full sepenuhnya ada di tanganNya yang berkuasa. Kita tinggal manut aja sama Tuhan. Mungkin akan sedikit sukar, tapi Tuhan yang akan mampukan.

Satu hal lagi, ketika Tuhan udah membawa kita ke level yang tinggi, ato Tuhan mampukan kita untuk melakukan berbagai hal, satu hal yang jangan sampe kita lakuin yaitu, SOMBONG! Sekali kamu sombong, siap2 untuk jatuh dengan menyakitkan. Kalo hatimu sampe sombong buru2 minta ampun sama Tuhan, supaya kita nggak sombong lagi.

Jadi, kalo masalah menerpa hidup kita, kalo rasanya kita gak sanggup lagi ngejalanin hidup, rasanya pingin skip aja waktunya trus tau2 udah selesai masalahnya, ato pingin menghilang dari muka bumi ini, inget, PERCAYA aja sama Tuhan. DIA yang akan sertai kita. Bukan cuma omong kosong, kalo kita percaya aja sama Tuhan, kita bakalan lihat berapa banyak kejutan yang Tuhan kasih buat kita. Mau gimanapun keadaan kita, mau masalah yg kita hadapi itu asalnya dari kita sendiri yang buat, Tuhan yang akan bela kita, Tuhan yang akan membuat kita lebih kuat lagi! So, masih mau cemas? Khawatir? Takut akan hari depan? Never! Just do what you have to do, the things you can’t handle is already in God’s hands. Just do your best as you do it to please God, cuz the purpose of our life is indeed to please God 😄

Tinggalkan Balasan

